Jumat, 29 Oktober 2021 Kantor Bahasa Provinsi Banten menyelenggarakan Seminar Hasil Konservasi Bahasa Jawa Serang. Seminar ini merupakan rangkian dari kegiatan Konservasi Bahasa Jawa Serang di Provinsi Banten.

Seminar ini dilaksanakan di Hotel Puri Kayana Kota Serang mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB. Para peserta seminar barasal dari berbagai kalangan diantaranya yakni Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, komunitas, praktisi, mahasiswa, guru, dan dosen.
Seminar Hasil Konservasi Bahasa Jawa Serang dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Banten,
H. Muhamad Taqwim SN S.Pd, SE. M.Ak.

Narasumber yang hadir pada acara seminar yakni

  1. Prof. Dr. Multamia RMT Lauder, SS., Mse., DEA dari
    Departemen Linguistik FIBUI Universitas Indonesia
    2.Dra. Hj. Entik Atiqoh, M.Si , Penyusun Kamus Jawa Cilegon
  2. ALI IMRON, M.Pd Penyusun bahan ajar bahasa Jawa Serang
    Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang
  3. Cecep Nikmattulah, M.Pd.I
    Tim Penyusun bahan Ajar Bahasa Jawa Serang

Dalam sambutanya, sekreraris Dinas Pendidikan Provinsi Banten mengajak komunitas, praktisi, akademisi untuk turut serta dalam upaya pelindungan bahasa. Upaya itu dapat dilakukan dengan membiasakan diri menggunakan bahasa daerah, membuat karya berbahasa daerah, dan mengajarkan bahasa daerah di sekolah. Halimi Hadibrata, M.Pd. selaku Kepala Kantor Bahasa Banten mengatakan bahwa Kantor Bahasa Provinsi Banten akan terus berupaya melakukan kegiatan atau program untuk melindungi dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar melestarikan bahasa daerah.

Empat narasumber lainnya juga turut serta mengomentari dan menyampikan apresiasi mereka terhadap hasil konservasi bahasa Jawa Serang, yakni Tata Bahasa Jawa Serang. Mereka memgatakan Tata Bahasa Jawa Serang ini akan menjadi referensi yang sangat membantu masyarakat di Banten dalam memahami Bahasa Jawa Serang.

By admin