Pada tanggal 2 September 2022, perwakilan Kantor Bahasa Provinsi Banten melakukan audiensi dengan manajemen Garuda Indonesia untuk membahas pelaksanaan pembinaan penggunaan bahasa negara di lingkungan penyedia jasa layanan penerbangan yang ada di Indonesia. Program yang dilakukan dengan melibatkan Ikatan Duta Bahasa Provinsi Banten sebagai mitra pelaksana ini memiliki tujuan merapikan kembali penggunaan bahasa yang digunakan oleh penyedia jasa, khususnya bahasa lisan, agar sesuai dengan aturan pengutamaan bahasa negara di ruang publik.


Program pembinaan ini dilaksanakan dengan dua sasaran.Sasaran awal program adalah jajaran manajemen Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta beserta tenaga layanan yang bertugas di area bandara. Agar dapat tercapai hasil yang lebih optimal, tim pembinaan juga menyasar pada manajemen Garuda Indonesia di Garuda Indonesia Training Center sebagai pihak yang berwenang untuk melaksanakan pengembangan SDM di Garuda Indonesia. Program kerja ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan bagi tenaga pelayanan di gerai-gerai yang ada di bandara, penyampaian materi kebahasaan di kelas-kelas pengembangan SDM, serta penyusunan kurikulum kebahasaan sebagai salah satu mata ajar di Garuda Indonesia Training Center.

Jajaran struktural Garuda Indonesia berharap program ini akan dapat dilaksanakan dalam jangka panjang sehingga Garuda Indonesia selain sebagai maskapai terbaik di Indonesia, juga dapat menjadi percontohan dalam penggunaan bahasa negara yang baik bagi layanan moda transportasi yang lain.