Warning: Undefined array key 1 in /home/eafloqav/public_html/wp-content/plugins/visitors-online/visitors-online.php on line 505

Warning: Undefined array key 2 in /home/eafloqav/public_html/wp-content/plugins/visitors-online/visitors-online.php on line 505
BERGERAK BERSAMA MEMBANGUN LITERASI

Kegiatan Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Pandeglang pada tanggal 14 Juni 2022 hari ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kab. Pandeglang, Drs. Taufik Hidayat, M.Si.  Kepala Kantor Bahasa Prov. Banten Asep Juanda, S.Ag., M.Hum. dalam sambutannya mengharapkan  adanya peningkatan daya literasi di Provinsi Banten, khususnya di Kabupaten Pandeglang. Terlebih lagi,  Provinsi Banten memiliki tokoh literasi tingkat dunia yaitu Syekh Nawawi Al-Bantani pada masa lalu,  dan kini  Mas Gol A Gong dapat menjadi contoh baik bagi generasi muda.

Pada sambutan kedua, Sekda Pandeglang mengatakan pentingnya meningkatkan kemampuan literasi baca tulis melalui Taman Bacaan Masyarakat. Selain itu, penataan managemen TBM yang ada di tengah masyarakat sangat perlu dilakukan dan menjadi tantangan tersendiri bagi para pengelola. Kegiatan ini diselenggerakan Kantor Bahasa Provinsi Banten di Hotel S’Rizki dan diikuti dua puluh lima TBM yang berasal dari Kabupaten Pandeglang dan lima belas TBM dari Kabupaten Lebak. Acara pembukaan dihadiri narasumber kedua yaitu Mas Gol A Gong dari Rumah Dunia yang akan menyampaikan materi terkait managemen komunitas. Tujuan kegiatan pembinaan ini adalah tersusunnya bahan bacaan berupa cerita anak dwibahasa yang terdiri atas bahasa Indonesia dan bahasa Sunda Banten, ujar Nur Seha selaku Ketua kegiatan.

Acara pembukaan Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi diselingi dengan Pembacaan Puisi Iqro dan Sukro oleh Udin Angkot dari Komunitas Kios Baca Pandeglang. Sementara itu,, paparan materi pada hari pertama disampaikan oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Asep Juanda, S.Ag., M.Hum. tentang Kebijakan Bahasa dan Gol A Gong tentang managemen komunitas. Materi terkait teknik dan praktik penulisan cerita anak akan disampaikan dua narasumber lainnya pada Rabu dan Kamis mendatang.