Warning: Undefined array key 1 in /home/eafloqav/public_html/wp-content/plugins/visitors-online/visitors-online.php on line 505

Warning: Undefined array key 2 in /home/eafloqav/public_html/wp-content/plugins/visitors-online/visitors-online.php on line 505
Ensiklopedia

Ensiklopedia

Kata ensiklopedia berasal dari kata-kata Yunani enkyklios (yang berarti ‘umum’, ‘menyeluruh’, ‘lengkap’, atau ‘sempurna’) dan paideia (yang bermakna ‘pendidikan’ atau ‘pemiaraan anak-anak’). Oleh karena itu, dalam bentuk aslinya enkyklopaedeia berarti pendidikan umum lengkap atau kursus pendidikan komprehensif, yang kemudian lalu dibakukan sebagai istilah untuk menandakan konsep rangkuman karya kecendekiaan yang bersifat universal. Kata ensiklopedia terkadang disingkatkan menjadi ‘siklopedia’ (cyclopedia) dengan arti dan cakupan makna yang sama.

Berdasarkan pengertian umum di atas dapatlah dikatakan bahwa ensiklopedia merupakan suatu karya acuan yang disajikan dalam sebuah (atau beberapa jilid) buku yang berisi keterangan tentang semua cabang pengetahuan, ilmu, dan teknologi, atau yang merangkum secara komprehensif suatu cabang ilmu dalam serangkaian artikel yang tajuk subjeknya disusun menurut abjad. Berdasarkan bentuk penyajian, corak isi, dan pola penyusunan, serta tujuan pemanfaatannya itu terlihat bahwa bentuk ensiklopedia amat menyerupai kamus. Berdasarkan definisi yang umum diterima, kamus adalah sebuah buku acuan yang berisi kata sebagai lema pokoknya yang disusun menurut abjad dengan disertai keterangan tentang maknanya. Adapun kamus bidang ilmu –– yang terkadang disebut pula kamus ensiklopedia –– adalah kamus istilah suatu bidang yang diperluas dengan memasukkan hal-hal lain yang tercakup dalam ranah bidang termaksud sebagai lemanya. Oleh karena itu, selain istilah dalam sebuah kamus bidang akan dijumpai pula lema yang menjelaskan biografi singkat tokoh bidangnya, kronologi sejarah perkembangannya, macam-macam aliran dan teori, karya-karya utama, ikhtisar klasifikasi, nama geografi, lembaga, rincian metodologi penelitian, ilustrasi berupa foto, gambar, atau diagram dan tabel, dan lain-lain. Dari sini terlihat bahwa kamus ensiklopedia hampir menyerupai ensiklopedia, perbedaan mencolok di antara keduanya terletak pada dimuatnya istilah dan metodologi dalam kamus ensiklopedia serta sifat keterangannya yang lebih ringkas dan bersifat teknis.

Berikut Ensiklopedia yang diterbitkan oleh Kantor Bahasa Provinsi Banten.

No.Judul BukuKata PengantarDokumen
1.Ensiklopedia Penulis Sastra Indonesia di Provinsi BantenSejak berdiri sebagai provinsi baru, Geliat bersastra di Provinsi Banten mulai marak dan nampak di Banten. Kantung-kantung sastra pun bermunculan di beberapa daerah. Semaraknya iklim kesusastraan di Banten ini juga memunculkan penulis-penulis sastra yang tidak hanya mengisi khasanah kesusastraan di Banten. Pada pertengahan dekade 2000-an, para penulis Banten sudah mulai merambah ranah kesusastraan nasional. Berangkat dari fenomena di atas, Kantor Bahasa Banten berikhtiar menerbitkan semacam direktori penulis sastra di Provinsi Banten.
Ensiklopedia Penulis Sastra Indonesia di Provinsi Banten
2.Ensiklopedia Kuliner Khas BantenPenyusunan ensiklopedia kosakata kuliner khas Banten ini bertujuan untuk memperkenalkan kuliner-kuliner khas Banten dan istilah-istilah yang berhubungan dengan kuliner tersebut. Istilah atau kosakata pada ensiklopedia ini ditulis dalam bahasa Sunda dan Jawa Banten agar dapat digunakan sebagai media pemelajaran bagi masyarakat di luar Provinsi Banten yang ingin belajar bahasa daerah Provinsi Banten.
Ensiklopedia Kuliner Khas Banten