Warning: Undefined array key 1 in /home/eafloqav/public_html/wp-content/plugins/visitors-online/visitors-online.php on line 505

Warning: Undefined array key 2 in /home/eafloqav/public_html/wp-content/plugins/visitors-online/visitors-online.php on line 505
Kerja Nyata Prestasi Bangsa

Serang — Dalam rangka memperingati 73 tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Kantor Bahasa Banten bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaaan Republik Indonesia yang bertempat di halaman Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten. Bertindak sebagai pembina upacara Kepala Kantor Bahasa Banten, Muhammad Luthfi Baihaqi, M.A.

Dalam amanatnya Luthfi Baihaqi membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhajir Effendi. Dalam pidatonya Muhajir Effendi mengungkapkan rasa syukurnya dengan mengenang jasa-jasa para Pahlawan Kemerdekaan dan melanjutkan cita-cita kemerdekaan, melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehudupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, kita mempercayai bahwa pendidikan merupakan salah satu jalan perubahan menuju perbaikan. Oleh karena itu Mendikbud terus melakukan pembenahan dibidang pendidikan agar jalan perubahan tetap berada di rel yang benar sehingga tidak hanya sesuai dengan cita-cita bangsa, tetapi juga dapat mengejar perkembangan zaman.

Paradigma pemerataan kualitas pendidikan yang sering menjadi wacana sudah saatnya terejawantah dalam bentuk regulasi yang matang dan berani agar reformasi dibidang pendidikan benar-benar terwujud. Dengan niat baik dan kerja keras kita semua, ini akan membuahkan hasil. Presiden telah memberikan arahan agar menggencarkan pembangunan infrastruktur segera diikuti dengan penguatan sumber daya manusia. Hal ini pula tertuang dalam empat pilar visi Indonesia 2045, yaitu pembangunan SDM dan penguasaan IPTEK, perkembangan ekonomi berkelanjutan, pemerataan [pembangunan, ketahanan nasional dan tatakelola pemerintahan.

Penempatan SDM sebagai pilar pertama mempertegas bahwa SDM menjadi faktor yang sangat penting dalam menopang pembangunan suatu negara. Untuk itu terdapat lima karakteristik SDM yang perlu dihasilkan melalui pendidikan dan kebudayaan diantaranya memiliki karakter kuat, memiliki multi kecakapan abad 21 dan bersertifikat, elastis dan pembelajar sepanjang hayat, inovatif dan kewirausahaan, kewargaan global. Terakhir dengan peringatan HUT RI ke-73 kita jadikan momentum untuk menunjukan kinerja dan prestasi yang menjadi kebanggaan bagi kita semua dan kekaguman bangsa lain.