Warning: Undefined array key 1 in /home/eafloqav/public_html/wp-content/plugins/visitors-online/visitors-online.php on line 505

Warning: Undefined array key 2 in /home/eafloqav/public_html/wp-content/plugins/visitors-online/visitors-online.php on line 505
SOSIALISASI UKBI ADAPTIF MERDEKA BAGI TENAGA PENDIDIK DI KOTA CILEGON

Kamis, 27 Oktober 2022. Kantor Bahasa Provinsi Banten mengadakan Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka bagi Tenaga Pendidik di Kota Cilegon. Sosialisasi ini mengundang 50 peserta tenaga pendidik yang berasal dari SMA di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengertian tentang UKBI bagi pemangku kepentingan di instansi/lembaga. Sosialisasi ini diharapkan menumbuhkan semangat untuk mengenal dan mempelajari bahasa Indonesia.

Narasumber pertama di kegiatan ini adalah Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan wilayah Kota Serang, Kab. Serang, dan Kota Serang, Bapak H. Holil Badawi. Kepala KCD mendukung kegiatan UKBI dan mengarahkan agar semua sekolah turut serta mendukung kegiatan UKBI dilaksanakan di sekolah masing-masing. Selain itu, beliau menyampaikan bahwa sekolah ikut mengembangkan bahasa Indonesia terutama di lingkungan pendidikan.

Narasumber kedua adalah Ketua MKKS SMA Provinsi Banten, Bapak Ade Suparman. Narasumber menyampaikan kondisi kebahasaan di lingkungan SMA yang ada di Provinsi Banten. Penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah masih belum sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. Padahal, sekolah adalah tempat berhimpunya calon intelektual.

Narasumber ketiga adalah Ade Anggraini Kartika Devi, Dosen Bahasa Indonesia. Narasumber memaparkan materi tentang kemahiran membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara serta pemahaman terhadap kaidah bahasa Indonesia dalam UKBI. UKBI mengukur keterampilan reseptif peserta uji dalam kegiatan mendengarkan dan membaca serta mengukur keterampilan produktif peserta uji dalam kegiatan menulis dan berbicara. Sosialisasi ini terlaksana dengan baik karena didukung oleh Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan wilayah Kota Serang, Kab. Serang, dan Kota Cilegon dan SMAIT Raudhatul Jannah Cilegon.